English
French
German
Spain
Italian
Dutch
Russian
Brazil
Japanese
Korean
Arabic
Chinese Simplified

Berita ‘Burung’ Mengabarkan Google Akan Merilis Aplikasi Tandingan Facebook Bernama ‘Google Me’


Ini boleh dibilang berita burung terbesar bulan ini, dan kalau apa yang di-tweet Kevin Rose punya kadar kebenaran sedikit saja, maka bisa jadi dampaknya akan sangat besar di arena jaringan sosial.
Berita ini dimulai dari sebuat tweet dari Kevin Rose (pendiri Digg.com), yang mengatakan bahwa Google akan merilis tandingan Facebook dengan nama ‘Google Me‘. Kevin menambahkan bahwa dia mendapat informasi ini dari nara sumber yang terpercaya.



Dari sini kemudian banyak media daring yang langsung meliput, termasuk Gizmodo, VillageVoice dan SFWeekly.
Mendengar berita ini kemarin, satu pertanyaan yang langsung nyantol di pikiran saya adalah “Kok nggak dari dulu?”
Jawabannya datang dari Adam D’Angelo yang dulunya pernah lama menjadi CTO Facebook dan sekarang menjadi founder Quora (website baru berbasis tanya-jawab ala Yahoo Answer). Adam menjawab satu pertanyaan yang di-post di Quora mengenai kebenaran berita Google Me tersebut, demikian:

Here is what I’ve pieced together from some reliable sources:
This is not a rumor. This is a real project. There are a large number of people working on it. I am completely confident about this.
They realized that Buzz wasn’t enough and that they need to build out a full, first-class social network. They are modeling it off of Facebook.
Unlike previous attempts (before Buzz at least), this is a high-priority project within Google.
They had assumed that Facebook’s growth would slow as it grew, and that Facebook wouldn’t be able to have too much leverage over them, but then it just didn’t stop, and now they are really scared. Kesimpulannya, Google merasa kecolongan! Mereka tidak menyangka bahwa proyek kecil si Mark ini bisa jadi Website rangking ke-2 di dunia (setelah Google) dalam hal internet traffic (menurut Alexa).

Makin hari pengguna Facebook makin bertambah (400 juta lebih saat ini), berarti traffic-nya juga ikut meningkat. Lama kelamaan, bisa-bisa Facebook melampaui Google. Ini yang bikin Google ketar-ketir, karena tanpa traffic, Google yang pada dasarnya tukang jualan iklan, menjadi kurang bisa bersaing.

Kalau anda punya akun dengan Google (lewat Google Profile), anda pasti sudah mengerti bahwa pada dasarnya Google sudah punya semua data (tentang kita) yang mereka perlukan untuk membangun aplikasi macam ini, apalagi Google nggak kurang orang pinter. Yang pasti nggak begitu susah untuk membuat tandingan Facebook.

Masalah yang paling besar, menurut saya, adalah satu: Adopsi dari pemakai. Saya ingin tahu apa yang akan/bisa Google lakukan untuk ‘memikat‘ para pengguna Facebook yang kebanyakan sudah bisa dibilang mapan, supaya mau pindah ke Google Me (atau apalah nama yang akan mereka berikan). Google harus bisa membangun aplikasi yang tidak hanya ‘mirip‘ dengan Facebook, tapi juga menawarkan fitur ‘jauh‘ lebih banyak dan lebih bagus daripada Facebook.

Kalau Google bisa lakukan itu, saya akan ikut pindah

Bagaimana menurut anda? Bisakah Google mengalahkan Facebook? Dan apakah anda siap untuk hijrah?

Sumber : dailysocial.net

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Cybe7 © 2011 All Rights Reserved.
Template Design by cybe7 | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.