English
French
German
Spain
Italian
Dutch
Russian
Brazil
Japanese
Korean
Arabic
Chinese Simplified

Komponen Harddisk dan Langkah- Langkah Pemrosesannya

Berikut ini merupakan gambar komponen Hard Disk:




Mungkin terkadang kita tidak menyadari bagaimana Hard Disk bekerja. maka dari itu berikut ini adalah langkah-langkah yang dilakukan oleh hard disk untuk membaca suatu data, yaitu:

1. Mengakses disk untuk mencari informasi yang diperlukan. Sistem Bios, sistem operasi, aplikasi dan kadang-kadang juga suatu software menentukan bagian dari disk yang harus dibaca.

2. Pembacaan data pada disk memerlukan satu atau beberapa langkah untuk sampai ke lokasi tempat data yang akan dibaca dan sesuai dengan alamat geometrinya. Geometri menunjukkan silinder, head, dan sektor yang ingin dibaca.

3. Program kendali hard disk pertama kali akan mengecek apakah informasi yang dicari ada dalam cache hard disk. Apabila ada, data akan segera ditampilkan.

4. Spin disk drive biasanya tetap berputar. Jika spin berhenti berputar berarti power management menginstruksikan disk agar tidak berputar untuk menghemat energi. Spin akan berputar kembali setelah diaktivkan oleh Controller board.

5. Controller board menginterpretasikan alamat yang diterima untuk dibaca. Program lojik hard disk kemudian melihat angka terakhir pada silinder yang diminta. Nomor silinder memberi tahu disk mana yang akan dilihat permukaannya. Board menginstruksikan aktuator untuk memindahkan head baca/tulis ke track yang tepat.

6. Ketika head berada di posisi yang tepat, controller mengaktivkan head yang berada pada lokasi yang tepat. Head mulai membaca track untuk mencari sektor yang diminta. Head menunggu disk berputar sampai ada pada nomor sektor yang tepat dan membaca isi sektor tersebut.

7. Controller board mengkoordinasikan aliran informasi dari hard disk area penyimpanan sementara (buffer). Controller board kemudian mengirim informasi melalui hard disk interface (biasanya ke memori sistem).

Sumber : yogo86.blogspot.com

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Cybe7 © 2011 All Rights Reserved.
Template Design by cybe7 | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.