English
French
German
Spain
Italian
Dutch
Russian
Brazil
Japanese
Korean
Arabic
Chinese Simplified

Efek Negatif Bluetooth Bagi HP ( Handphone )

Di Zaman Modern ini, Telepon seluler sudah bukan merupakan barang yang istimewa lagi. hampir seluruh orang di dunia ini sudah mempunyai telepon seluler, atau yang biasa disebut Handphone (HP). Pada Zaman sekarang HP tidak hanya digunakan untuk telepon dan sms saja, tetapi sudah sebagai alat yang serbaguna. Misalnya: dilengkapi Fitur kalkulator, agenda, pemutar mp3, pemutar video,pemutar radio, sebagai modem internet, dan lain sebagainya. dari segi konektivitas, sudah tidak hanya melalui kabel data maupun infrared saja. Tetapi sudah melalui jalur udara dengan gelombang radio. yaitu melalui koneksi Bluetooth.

Awalnya orang tidak menyadari, dengan menyalakan bluetooth setiap waktu dapat menyebabkan resiko. Namun setelah diselidiki oleh para ahli, ternyata teknologi Bluetooth memiliki efek yang cukup beresiko. Menurut penelitian bersama dua perusahaan keamanan komputer dari Eropa, yakni F-secure dari Finlandia dan Secure Network dari Italia, tahun 2006, menunjukkan paling tidak ada empat ancaman utama bagi orang yang terlena menggunakan bluetooth. Dalam laporan yang telah dimuat di situs http://www.securenetwork.it/ disebutkan, salah satu ancaman yang paling bahaya adalah adanya serangan VIRUS. selain virus, juga ada wabah lain yaitu worm, trojan horse yang dapat juga menyebar.

Misalnya ada HP yang telah terkena virus Commwarrior, kemudian akan mendeteksi HP-HP di sekitarnya yang sedang mengaktifkan Bluetooth dan kemudian secara otomatis akan membuka koneksi dengan HP-HP tersebut untuk menularkan virus. gejala ini disebut dengan Bluebug.

Infeksi virus ini akan menyebabkan gangguan pada sistem dan fungsi-fungsi HP, dan akses tanpa izin ke dalam informasi penting di dalam HP. misalnya catatan nomor telepon relasi, jadwal kalender, hingga dokumen rahasia. Apabila data tersebut diakses tanpa sepengetahuan pemilik, maka semuanya bisa diubah, dimodifikasi, atau bahkan di delete.

Sumber : yogo86.blogspot.com

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Cybe7 © 2011 All Rights Reserved.
Template Design by cybe7 | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.