English
French
German
Spain
Italian
Dutch
Russian
Brazil
Japanese
Korean
Arabic
Chinese Simplified

Pengetahuan Tentang Cyber Crime

May 27th, 2010

Seiring dengan perkembangan zaman dan semakin majunya Teknologi Informasi maka semakin marak pulalah yang namanya Kejahatan dalam Dunia Maya. Oleh karena itu kita sebagai masyarakat para pengguna Teknologi pun sudah seharusnya mewaspadai mengenai hal tersebut mengingat Kejahatan dalam dunia maya tersebut sangatlah mengganggu kita dalam segi Hak Cipta, Privacy, dan Pencemaran Nama Baik.

Untuk Menanggulangi hal tersebut sangatlah susah mengingat tingkat kesadaran masyarakat kita khususnya para pengguna Teknologi Informasi sangat rendah untuk mau belajar dan bahkan cenderung hanya sebatas tau saja tanpa mau mengetahui kenapa hal tersebut bisa terjadi dan bagaimana untuk mencegah hal tersebut? Bagi orang – orang yang tau dan pintar dalam menggunakan Teknologi Informasi pun pada zaman sekarang sangat tidak sedikit yang memanfaatkan kepintarannya hanya untuk kepentingan pribadi semata yaitu dalam hal bisnis dan Kriminal. Sebagai Contoh Para Hacker membobol ATM Bank yang baru – baru ini marak terjadi di Indonesia, kemudian sebagai contoh lainnya yaitu Virus yang semakin hari semakin berkembang dengan berbagai varian yang akhirnya sangat mengganggu dunia Perkantoran, Industri dan Pemerintah yang berakibat terhambatnya aktivitas pekerjaan tersebut, sebagai contoh lainnya yaitu Plagiarisme yang dilakukan seseorang yaitu mengutip hasil karya seseorang yang dijadikan Karyanya untuk mendapatkan Gelar dalam suatu lembaga Pendidikan, lalu Pencemaran Nama Baik yang berimbas pada ketidak nyamanan seseorang dalam bersosialisasi karena namanya merasa sudah tercoreng dengan kejahatan tersebut.

Langkah awal agar kejahatan tersebut dapat kita hindari yaitu dengan lebih berhati – hati dalam menggunakan Teknologi tersebut, memang di zaman yang serba canggih ini kita akan banyak dimudahkan dalam menggunakan berbagai macam fasilitas namun seiring dengan hal tersebut juga kita sudah sepatutnya mawas diri dan tidak ceroboh serta diiringi dengan menambah wawasan diri kita mengenai Kejahatan di dunia maya. Saya rasa itu adalah langkah awal untuk kita setidaknya agar meminimalisir kita menjadi korban kejahatan dalam dunia maya. Bagi seseorang yang telah menelurkan sebuah karya sebaiknya lebih berhati – hati untuk mempublikasikan karyanya dalam dunia maya agar tidak di plagiat oleh pihak – pihak tertentu, bagi para pengguna jejaring social diharapkan lebih berhati – hati dalam membuat status agar tidak merugikan orang lain, kemudian dalam hal proses pengiriman data secara langsung maupun tidak diharapkan lebih berhati – hati juga dengan proses pengiriman datanya tersebut karena sebetulnya terlihat sangat mudah, namun penyebaran viruspun kalau kita tidak mawas diri akan tidak dapat terelakkan lagi.

Mungkin itulah sekelumit pengetahuan mengenai Kejahatan dalam Dunia Maya, mudah – mudahan dapat bermanfaat bagi penulis khususnya, dan bagi para pengguna Teknologi Informasi Khususnya….

So Be Aware With Ur Self saja ya……….

Sumber : wartawarga.gunadarma.ac.id

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Cybe7 © 2011 All Rights Reserved.
Template Design by cybe7 | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.