English
French
German
Spain
Italian
Dutch
Russian
Brazil
Japanese
Korean
Arabic
Chinese Simplified

Robot fashion HRP-4C berbasis LINUX



Jepang memang negara yang amat kaya industri. Begitu juga yang kita dapat lihat dari industri pembuatan robot humanoid atau robot yang bertingkah polah seperti manusia pada umumnya.

Kali ini Advanced Industrial Science and Technology (AIST) baru saja mempertunjukkan karya terbarunya dengan robot humanoid tipe HRP-4C, dengan menggunakan sistem operasi berbasis Linux 2.6xx di bawah GPL.

Prototipe HRP-4C ini dirancang seperti wanita muda Jepang yang tak kalah cantik bak seorang model. Robot tersebut memiliki tinggi 158 cm dan berat sekitar 43 kilogram. Untuk saat ini, robot ini mampu berdiri dan berjalan seperti model fashion show dan memberikan salam layaknya wanita Jepang. Rencananya fashion show dari robot ini sendiri dijadwalkan dari 23-29 Maret 2009. Selain itu HRP-4C ini dilengkapi dengan 30 komponen motorik sehingga mampu berekspresi. Dari info yang didapatkan, robot ini rencananya akan siap dijual dengan harga sekitar 2,4 Miliar rupiah.

Di dalam jantung dari prototype HRP-4C ini ditanamkan versi terbaru dari Advanced Real Time (ART) Linux, yang khusus digunakan untuk mengembangkan aplikasi robotic. Dan dari ART-Linux sendiri versi pertamanya memang sudah kompatibel dengan Linux 2.6.xx yang dirilis oleh Sourceforge kemarin di bawah lisensi GPL. Diakses pengguna tanpa memerlukan driver khusus dan dieksekusi. Namun untuk prosessor sendiri untuk prototype HRP-4C tidak disebutkan secara detail.

2 comments:

tigefa dot info mengatakan...

nice nice,
robotnya bisa masak gak tuh? :D

admin mengatakan...

klo bsa mo di jadiin istri y gan? hehe

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Cybe7 © 2011 All Rights Reserved.
Template Design by cybe7 | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.