English
French
German
Spain
Italian
Dutch
Russian
Brazil
Japanese
Korean
Arabic
Chinese Simplified

Jangan konvert template sembarangan

| 0 comments

Stop, Jangan Convert Template Sembarangan!
Dari dulu Kang Rohman merasa heran kepada orang yang suka main convert template sembarangan, baik convert dari WP theme ke blogger template, blogger template ke WP themes atau convert dari template situs-situs terkenal seperti Facebook, Yahoo, Google dan lain sebagainya.

Sering bertanya dalam hati, apakah mereka yang melakukan konvert tersebut telah mempunyai izin dari pemiliknya? Terlebih, belakangan marak terjadi convert dari WP themes Premium yang jelas-jelas dijual oleh pemiliknya malah banyak di convert menjadi Template Blogger dan dibagi-bagi secara gratis.


Kamis, 17 November 2011 kemaren okezone memberitakan bahwa ada seorang blogger teman kita yang bernama Ainun Najib mendapatkan tuntutan dari pihak Facebook sebesar 2 milyar Rupiah disebabkan blogger tersebut telah melakukan convert template yang digunakan oleh facebook menjadi WP themes yang dinamakan "smells like facebook" dan dibagikan secara gratis.



Untuk berita lengkapnya, silahkan baca di okezone pada link di bawah ini:

http://techno.okezone.com/read/2011/11/17/55/530670/facebook-tuntut-bloger-tanah-air-hingga-rp2-miliar


Namun demikian, ini menjadi bahan pengalaman yang berharga bagi kita semua, khususnya para blogger yang biasa mengkonversi template agar tidak mengulangi hal yang sama jika tidak ingin mendapatkan masalah dikemudian hari.

Sedikit saran dari kang Rohman:

Biasakan untuk design template sendiri tanpa harus mengkonversi dari template milik pihak lain. Kebiasaan mengkonversi (convert) template adalah kebiasaan yang membunuh secara perlahan-lahan kreatifitas anda dalam hal design.
Jika anda ingin melakukan konversi template, sebaiknya mintailah terlebih izin dari pemilik template yang bersangkutan karena convert secara sepihak adalah melanggar etika terlebih hak cipta intelektual.
Berhentilah mengkonversi template/theme yang nyata-nyata secara aslinya template/theme mereka adalah premium atau berbayar. Terlebih jika yang dikonversi adalah template milik perusahaan besar seperti Google, Yahoo, Facebook, Twitter dan lain sebagainya.Jadi, Stop, Jangan Convert Template Sembarangan! Jadilah designer sejati dan ciptakan karya-karya anda sendiri. Yang sudah terlanjur, sebaiknya anda tarik segera dari peredaran di Internet sebelum tuntutan hukum terlanjur datang.

Pun, untuk anda yang saat ini blognya menggunakan template menyerupai situs-situs besar seperti Google, Yahoo, Facebook, Twitter dan lain sebagainya ada baiknya segeralah ganti dengan template yang lain karena tidak menutup kenungkinan andapun akan terkena tuntutan hukum dari perusahaan-perusahaan tersebut.

Untuk Ainun Najieb, semoga masalah ini dapat diselesaikan tanpa harus melalui jalur hukum.

Sopa dan pipa?

| 0 comments



Apa Itu SOPA dan PIPA - Bagi sobat yang sering bergelut dengan dunia maya dan atau beraktivitas di internet itu sudah merupakan kebutuhan sehari-hari, sobat harus baca info penting ini dan kenali apa itu SOPA dan PIPA. Berikut penjelasan yang LM kutip dari kaskus.us.

SOPA (Stop Online Piracy Act) dan PIPA (Protect IP Act) adalah undang-undang yang diajukan tahun lalu oleh senator dan pejabat tinggi AS dengan tujuan untuk melindungi hak cipta materi internet seperti video, musik, software dan semua barang digital dari pembajakan. SOPA dan PIPA mengatur bagaimana dunia maya seharusnya menurut mereka, dan tentunya penggunanya. Namun, undang-undang ini tidak sesederhana itu, banyak hal dari undang-undang ini akan mengubah cara kerja internet saat ini.

Apa yang menjadi dasar perintah utama undang-undang SOPA dan PIPA ini ?

Pemerintah AS dan organisasi perusahaan pemilik hak cipta dapat meminta penyedia layanan internet (ISP) untuk memblokir akses ke situs web yang dianggap sebagai penyedia tempat pelanggaran hak cipta. Teknisnya, yaitu memerintahkan ISP untuk mengubah server DNS mereka (baca: mem-block) dari membaca nama domain suatu situs di negara luar AS yang menyimpan konten ilegal seperti video, lagu, atau photo / gambar.

Pemerintah AS dan organisasi perusahaan pemilik hak cipta dapat mengambil tindakan hukum untuk menggugat mesin pencari, situs blog, direktori, atau situs secara umum yang memiliki situs-situs blacklist untuk dihapus dari situs web mereka. Teknisnya, yaitu memerintahkan situs pencari seperti Google atau lainnya untuk mengubah query pencariannya dengan mengecualikan situs yang menyimpan konten ilegal. Jadi, jika Anda mencari di situs pencari, situs ini tidak akan ditemukan.

Prakteknya mirip dengan di Cina. Bila ada netter mengetik 'Tibet' atau 'Tianamen' di negeri tirai bambu itu dipastikan tak ditemukan hasil pencarian di Google. Begitu pula yang terjadi bila RUU disahkan di AS. Pengguna internet yang mengetik 'Iwan Yuliyanto download gratis' misal, bakal kecewa karena tiada hasil yang didapat, meskipun berkali - kali mencarinya.


Jaksa Agung AS dapat membawa kasus ke pengadilan yang akan memaksa mesin pencari, pengiklan, penyedia DNS, server, dan prosesor pembayaran dari memiliki kontak apapun dengan situs yang diduga melanggar. Teknisnya, yaitu memerintahkan layanan iklan seperti Google Adsense untuk menolak iklan atau pembayaran dari situs luar AS yang menyimpan konten ilegal.

Prosesor pembayaran dapat memutuskan hubungan kerjasama dengan situs, bila mereka memberikan alasan kuat bahwa situs tersebut melanggar hak cipta. Teknisnya, yaitu memerintahkan layanan pembayaran online seperti Amazon, dsb untuk mematikan akun dari situs luar AS yang menyimpan konten ilegal.


RUU juga berpotensi memberi ancaman lebih dari itu karena definisi situs pembajak yang diusung SOPA dianggap terlalu luas. SOPA tak hanya mengancam situs-situs underground yang menyediakan lagu atau film gratis, namun juga situs yang dianggap dan dicurigai 'mempermudah atau memfasilitasi' materi bajakan bisa ikut disikat.

Contoh Kasus:
Saat seorang penonton konser merekam penampilan idolanya lewat ponsel lalu mengunggah ke situs YouTube tanpa izin distributor atau pemegang hak cipta, menurut RUU tersebut YouTube dianggap memfasilitasi pelanggaran hak cipta. Konsekuensinya YouTube harus di-block dan ditutup, dan pengunggah dipidanakan. Alhasil tak mustahil satu situs yang berisi puluhan ribu halaman bisa dimatikan hanya gara-gara satu halaman mengandung unsur pelanggaran hak cipta.

Apa dampaknya bila undang-undang tersebut disahkan?

Dengan disahkannya SOPA dan PIPA, tentu saja akan membuat para raksasa sekelas Google, Yahoo, Facebook dan Mozilla berteriak. Bila Anda masih ingat, Mozilla sepanjang Desember lalu selalu menayangkan kalimat yang berbunyi "Kongres berusaha menyensor internet. Bantu Mozilla untuk memperjuangkan internet yang bebas dan terbuka. Bergabunglah sekarang!". Saat kalimat itu di-klik, pesan itu membawa ke tautan penjelasan apa itu SOPA dan PIPA.

Sedangkan dampaknya secara global adalah pengunjung dunia maya tidak akan lagi bisa melakukan kegiatan mengunduh dan semacamnya karena undang-undang tersebut menganggap ilegal.

Tentunya, banyak aspek dari Internet yang akan berubah, salah satu implementasi yang akan dilakukan oleh SOPA dan PIPA terhadap Internet adalah DNS Filtering dan DNSSEC yang diyakini oleh para ahli internet dan salah satunya, Mozilla, bahwa hal tersebut akan mengakibatkan masalah keamanan pada Internet dan juga melambatkan kinerja internet saat ini. Ada juga dampak-dampak lain yang akan terjadi pada internet, antara lain:

Banyak blog atau situs yang akan ditutup dikarenakan penggunaan misalnya logo, foto ataupun media lain yang diklaim oleh sang pemilik.
Situs-situs web service dan sosial media seperti Multiply, Facebook, YouTube, rapid*share, Twitter, Flickr, dll akan mengalami banyak masalah dan dituntut karena konten-konten yang dikontribusi oleh publik akan disaring dan disensor secara ketat.
Inovasi dan perkembangan teknologi dari Internet akan melambat karena perusahaan-perusahaan baru harus dapat memenuhi standar dari SOPA dan PIPA.

Apakah ini akan berdampak ke seluruh dunia, termasuk Indonesia ?
Tentu saja, dengan undang-undang tersebut, maka pemerintah AS berhak menuntut situs untuk menghapus konten-konten yang menurut mereka ilegal atau situs tersebut akan diblok (melalui ISP setempat), sehingga pengguna tidak bisa membuka lagi situs kesayangannya.

Secara garis besar, SOPA dan PIPA jika disetujui hanya akan berlaku di AS dan tidak di negara lain. TETAPI, jika ada yang menggunakan server-server di Amerika Serikat untuk hosting website, tentunya konten-konten website tersebut akan masuk ke dalam juridiksi hukum di sana. Memang secara langsung, SOPA dan PIPA ini tidak mempengaruhi jaringan internet di Indonesia. Namun, bisa dibayangkan untuk kita yang sehari-hari menggunakan service-service sosial media seperti Multiply, Facebook, Google, Twitter, YouTube, dan lain-lain; kebanyakan website-website ini akan menjadi target sasaran dari SOPA dan PIPA. Penggunaan internet bisa dipastikan akan berubah jika SOPA dan PIPA diluluskan.

Sederhananya, karena memang nyatanya di internet banyak situs (di luar AS) yang menyimpan konten-konten, parlemen AS mencari cara agar bisa melarang keberadaan situs semacam itu dan mengekang apa yang disebut kebebasan internet, karena sebenarnya SOPA dan PIPA bisa berdampak lebih luas dari sekedar pelarangan konten-konten. Teknisnya, apabila situs tersebut di luar Amerika, maka penyedia jasa layanan internet (ISP) diwajibkan memblokir akses ke situs tersebut.

Apa saja kendala yang dihadapi para penentang RUU SOPA dan PIPA ini ?
Pada Desember 2011 lalu, koalisi anti-SOPA memasang iklan satu halaman penuh di hampir semua media massa nasional. Tak tanggung-tanggung, Google bahkan menyewa 15 firma pelobi untuk menghadang paket RUU itu agar tidak sampai disahkan. Namun, musuh yang dihadapi anti-SOPA itu tidak enteng, mereka lawan sekaliber. Maklum industri musik, film dan kamar dagang Amerika berada dibalik RUU tersebut.

Salah satunya Asosiasi Distributor Film Amerika (MPPAA) organisasi yang membawahi nama beken seperti Universal Pictures, Sony, Warner Bros dan 20th Century Fox. MPPA selama ini dikenal getol menarget situs luar agar tak bisa diakses warga AS dan dipandang sebagai pihak selalu kalah bila berhadapan pembajak asing.

Hampir semua media massa mengecam dan mengkritik RUU itu dalam editorialnya, seperti TechDirt. Tak ketinggalan situs-situs teknologi juga ikut menyuarakan tentangan keras. Gerakan anti-SOPA memang kuat, tapi mereka di luar Kongres. Sedangkan dalam Kongres dukungan terhadap paket yang terdiri dari dua RUU itu juga sangat serius. Pertempuran dua kubu pro dan anti RUU bisa jadi dimenangkan kubu yang pro (karena didukung pemodal raksasa).

sumber

Tentang google dan pagerank

| 0 comments

TENTANG GOOGLE DAN PAGERANK

Google, mesin pencari terbesar di Internet, unggul dari sisi kecepatan dan kemudahan pencarian informasi. Semua ini dimungkinkan karena Google bisa mengakses lebih dari 1,3 milyar halaman web. Jangan tanyakan soal kemampuan. Google, sampai hari ini, telah merespon lebih dari 100 juta permintaan pencarian dalam sehari.

Teknologi pencarian Google yang biasa disebut PageRank, berbeda dengan sistem pencarian search engine lain di Internet. Sistem pencarian search engine lain masih berdasarkan kata kunci atau metasearch saja.

Sedangkan Google menggunakan PageRank yang menampilkan informasiinformasi terpenting dahulu. PageRank menampilkan pengukuran dengan sebuah persamaan yang mengandung 500 juta variabel dengan lebih dari 2 milyar kondisi.

PageRank menggunakan struktur keterkaitan yang sangat luas seperti dalam sebuah struktur organisasi. Secara sederhana, Google menginterpretasikan sebuah keterkaitan dari Halaman X ke Halaman Y sebagai sebuah "dukungan" oleh Halaman X untuk Halaman Y.

Google menilai pentingnya halaman web berdasarkan perolehan suara yang diperoleh. Google juga menganalisis halaman yang memberikan suara. Semakin sering sebuah halaman web diakses atau semakin banyak yang terkait ke sebuah halaman web, maka halaman web tersebut akan menempati urutan tertinggi dalam hasil pencarian Google. Metode-metode pencarian Google yang otomatis dan kompleks tidak diintervensi manusia. Sengaja Google disusun agar tak seorang pun dapat membeli tempat yang lebih tinggi pada hasil pencarian atau mengubah hasil pencarian untuk tujuan komersial.

Mekanisme PageRank ini digunakan sebagai dasar oleh hampir semua layanan di Google. Pencarian gambar pun menggunakan mekanisme yang sama dengan pencarian sebuah halaman web. Setiap orang bisa mengukur PageRank. Tentu, dengan menggunakan alat bantu. Salah satunya adalah situs www.pagerank.net.

Sekian, semoga bermanfaat ##

Internet 4GB sedot video 700MB dalam 9,3 detik

| 0 comments

seoul - Korea Selatan sukses mengembangkan sistem telekomunikasi mobile generasi keempat (4G) berbasis Long Term Evolution (LTE)-Advanced, yang diklaim pertama di dunia. Kecepatannya diklaim super.

Kementerian Ekonomi Korsel menyatakan bahwa lembaga milik negara, Electronics and Telecommunications Research Institute (ETRI) , telah berhasil mengujicoba sistem LTE-Advanced di luar kondisi laboratorium. Hasilnya pun menjanjikan.

Dengan sistem tersebut, user bisa mengunduh data dengan kecepatan sampai 600 Mbps! Pihak ETRI berhasil mendownload sebuah file film yang berukuran 700MB hanya dalam waktu 9,3 detik saja. Menakjubkan memang.

Dalam uji coba yang telah dilakukan di Negeri Ginseng, teknologi ini digunakan pula untuk streaming di televisi 3D dalam sebuah mobil yang sedang berjalan sekitar 40 km per jam. Hasilnya lancar-lancar saja.

Seperti dikutip detikINET dari Electronista, Jumat (28/1/2010), teknologi tersebut masih dalam tahap awal perkembangan. Diharapkan, LTE Advanced sudah dapat diterapkan secara massal di Korsel sekitar tahun 2014.

( wsh / ndr )

sumber

Waspadalah..! scam konten dewasa menyamar di facebook indonesia

| 0 comments

Jakarta - Facebook telah menjadi sangat populer di Indonesia. Negara ini menduduki peringkat ketiga dalam hal pengaksesnya. Alhasil Scam konten dewasa pun menyamar dalam Facebook Indonesia.

Dengan semakin banyaknya pengguna di Indonesia, phisher sepertinya tertarik untuk membuat situs phishing yang menargetkan orang-orang Indonesia.

Sebagai informasi, Scam adalah berita elektronik yang bersifat menipu, sehingga pengirimnya akan mendapat manfaat dan keuntungan tertentu. Contoh scam yang sering kita jumpai adalah surat berantai dan pengumuman lotre.

Nah, baru-baru ini, Symantec mengamati sebuah scam dewasa yang memalsukan Facebook dan membidik pengguna di Indonesia. Berdasar keterangan Symantec kepada detikINET, Jumat (28/1/2011), situs web phishing tersebut di hosting dari sebuah situs hosting web gratis.

Situs phishing tersebut menyatakan bahwa sebuah aplikasi yang memungkinkan pengguna melihat video dewasa dari artis-artis terkenal di Indonesia telah tersedia. Situs ini mengklaim bahwa video-video tersebut diambil dari kamera tersembunyi di kamar hotel. Pengguna diminta untuk memasukkan informasi login mereka untuk bisa mengakses aplikasi palsu tersebut.

Ini merupakan umpan yang digunakan phisher untuk mengelabui pengguna agar memberikan informasi rahasia mereka. Jika phisher berhasil, mereka akan memiliki informasi untuk pencurian identitas. Waspadalah!

( wsh / ndr )

sumber
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Cybe7 © 2011 All Rights Reserved.
Template Design by cybe7 | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.